Pengenalan Laboratorium Alam SMAN 1 Sebatik
Belajar di Hutan Sekolah
Sumber. Dokumen pribadi
Photo Bersama dengan Guru Mitra yang berasal dari daerah Cilacap dan Sukabumi di hutan sekolah
SMAN 1 Sebatik
Kali ini, saya akan memperkenalkan bagaimana saya memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang sangat menyenangkan dan membantu peserta didik saya, dalam memahami materi Tumbuhan. Pada dasarnya, belajar tak harus dituntut di ruang kelas, sehingga sebagai guru kita harus lebih kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan tersebut. Dengan mengenal berbagai macam sumber belajar tentunya akan membuat peserta didik, tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan. Perlu diketahui bahwa di SMAN 1 Sebatik, selain menyediakan akses internet yang sangat memadai dimana akses internet tersebut sangat membantu peserta didik dalam proses belajar mereka. Selain itu, SMAN 1 Sebatik juga telah meyediakan Laboratorium Alam yang sangat bermanfaat bagi mata pelajaran IPA, khususnya mata pelajaran Biologi. Materi-materi yang sangat cocok untuk diintegrasikan di hutan sekolah adalah materi Kingdom Plantae, Ekosistem, Kingdom Fungi, Animalia dan masih banyak lagi materi-materi yang berkaitan langsung dengan Alam. Laboratorium Alam ini memanfaatkan hutan sekolah yang terletak di belakang sekolah SMAN 1 Sebatik, yang tentunya sangat mudah dijangkau oleh peserta didik dan menyediakan berbagai macam jenis/spesies tumbuhan.
Kali ini, materi yang akan saya berikan adalah materi tentang tumbuhan berbiji tertutup. Pada dasarnya Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan Tumbuhan berbiji Tertutup (Angiospermae). Pada dasarnya Tumbuhan berbiji tertutup, memiliki dua kelas yakni kelas monokotil dan kelas dikotil. Namun, dengan adanya hutan sekolah akan sangat membantu peserta didik saya dalam memahami materi tersebut dengan cara pengamatan langsung baik secara morfologi maupun secara anatomi.
Morfologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang bentuk luar makhluk hidup. Dengan mempelajari bagian luar tumbuhan baik dari segi akar, batang, daun, bunga, dan buah dengan cara pengamatan langsung di hutan sekolah maka akan membantu siswa dalam memahami karakteristik setiap tumbuhan sehingga tentunya sangat diharapakan peserta didik mampu membedakan antara tumbuhan dikotil dengan tumbuhan monokotil yang sudah tersedia di hutan sekolah tersebut
Selain mempelajari morfologinya, peserta didik juga dapat mengamati bagian bagian dalam organ tumbuhan tersebut atau biasa kita sebut dengan bagian anatomi dengan menggunakan Mikroskop. Baiklah seperti apa saya memanfaatkan hutan sekolah sebagai Laboratorium Alam, bersama dengan peserta didik saya silakan dilihat aktivitas kami melalui gambar di bawah ini.
Sumber. Dokumen pribadi
Gambar .1 Pengamatan Anatomi Daun
Sumber. Dokumen pribad
Gambar. 2 Presentasi Hasil Pengamatan
Jadi, seperti itulah saya memanfaatkan hutan sekolah sebagai Laboratorium Alam, dimana sangat membantu saya dan peserta didik dalam memahami materi Tumbuhan. dan tentunya peserta didik belajarnya lebih bersemangat dan lebih bermakna. Selamat Mencoba.!
Alhammdulillah akhirnya sukses abinya mundzir
BalasHapusMantap keren pak❤❤
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMantap pakππ»ππ»
BalasHapusKerenπ€π
BalasHapusSmngat pakπππ
BalasHapusKeren pak ❤️
BalasHapusSukses pakπππΌ
BalasHapusSukses selalluuu pakππ
BalasHapusJdi Rindu suasananya hehehh
Mantap dan keren
BalasHapusBagus pak.. semangat menulis...
BalasHapus